Fungsi V Belt Tali Kipas Mobil

Fungsi V belt tali kipas - Mungkin banyak diantara anda yang sering mendengar V belt, tali kipas, fan belt dan bahasa derah lainnya yang merujuk pada sebuah tali karet yang terpasang pada bagian mesin mobil. Lalu apa sih sebenarnya V belt itu dan untuk apa kegunaan dari V belt ? Nah pada kesempatan kali ini saya akan mencoba menjelaskan mengenai fungsi dan kegunaan tali kipas atau V belt pada mesin kendaraan.

tali kipas

Pengertian tali kipas atau Van belt

V belt atau tali kipas adalah sebuah komponen melingkar yang terbuat dari campuran serat nilon dan karet khusus, beberapa jenis V belt bahkan dilapisi oleh bahan kampas anti slip di bagian sisi nya.

Fungsi tali kipas atau Van belt

Fungsi utama dari V belt adalah untuk mentransfer tenaga dari poros engkol mesin ( crankshaf / kruk as ) menuju ke poros pulley penggerak yang membutuhkan seperti pulley AC, pulley alternator, pulley water pump dan lain sebagainya.

Kerusakan V belt mesin

Jika komponen ini sampai rusak maka bisa menyebabkan beberapa komponen yang membutuhkan tenaga gerak akan mengalami penurunan kinerja nya. Sebagai contoh adalah water pump, disaat V belt ini mengalami kerusakan seperti kendor atau bahkan putus, membuat putaran water pump menjadi lebih lambat sehingga efeknya adalah proses sirkulasi air pendinginan didalam mesin terhambat sehingga mesin menjadi cepat panas dan beresiko terjadi over heating. Begitu pun dengan kompressor AC, karena kendor nya V belt membuat kinerja kompressor AC menjadi kurang maksimal, dampaknya adalah kurang dinginnya AC mobil. Maka dari itu anda sebagai pemilik mobil wajib melakukan perawatan V belt dengan baik dan jangan mengandalkan pihak bengkel, sebab kerusakan V belt ini bisa terjadi secara tiba tiba.

Perawatan V belt agar tidak mudah rusak

Agar V belt mesin mobil tidak gampang rusak maka anda sebaiknya melakukan pengecekan kekencangan tali kipas ini secara berkala. Jika kendor silahkan di kencangkan, jika tidak tahu langsung saja bawa ke bengkel untuk membantu menyetel kekencangan tali lipas / V belt mesin mobil.

Nah itulah tadi fungsidari V belt atau tali kipas yang ada pada mesin mobil. Semoga bermanfaat dan jangan lupa di bantu share.


0 Response to "Fungsi V Belt Tali Kipas Mobil"

Posting Komentar