Fungsi Gas Spontan Motor

Gas spontan sepeda motor - pada umumnya rata rata sepeda motor yang digunakan oleh pembalap rata rata memakai quick throttle atau yang kita kenal dengan sebutan gas spontan. Istilah gas spontan ini mengacu dan sesuai namanya yakni spontan, memiliki jarak diameter gas yang lebih pendek dibandingkan gas motor standar bawaan ketika di tarik sehingga membuat gas menjadi lebih spontan ketika di geber tanpa harus memelintir gas dalam dalam.

GAs spontan, image by ridergalau

Dengan menggunakan gas spontan ini maka akan menambah akselerasi sepeda motor menjadi lebih responsif, terlebih jika sepeda motor yang anda pasang quick throttle ini memiliki akselerasi yang mantap pula. Namun bagi sepeda motor yang memiliki akselerasi biasa, tetap ada rasa responsif ya namun tidak begitu kuat layaknya motor yang berakselerasi bagus.

Bagus gas spontan atau standar untuk motor yang masih standar ?

Pertanyaan ini seringkali ditanyakan oleh mereka yang penasaran dengan produk gas spontan yang saat ini banyak ditawarkan di toko toko modifikasi motor. Untuk bagus dan tidaknya tentu saja harus disesuaikan dengan kebutuhan yang kalian inginkan, untuk berkendara sehari hari baik itu gas spontan maupun gas standar sama sama nyaman dipakai, khusus untuk gas spontan malah akan membuat tangan anda tidak terasa capek seperti ketika kita menggunakan gas standar yang harus memutar gas dalam dalam. Dan untuk motor balap beberapa pembalap menyebutkan wajib hukumnya memakai gas model ini ( spontan ).

Fungsi gas spontan atau quick throttle

Fungsi utama dari quick throttle ini ialah untuk memaksimalkan momen putar ketika si rider memelintir grip gas, pada dasarnya penggunaan gas spontan ini dipergunakan pada kendaraan roda dua jenis motor cross dimana motor ini seringkali digunakan untuk melibas sirkuit dengan jarak yang pendek serta trek yang dilaluinya naik turun layaknya perbukitan. Bahkan beberapa rider motor cross ini melakukan free style seperti terbang diudara dengan sekali gas, bisa anda bayangkan jika momen putar dari mesin motor terlalu panjang, tentu saja akan mengalami kesulitan untuk melakukan itu semua karena harus memutar grip gas dalam dalam. Nah dari sinilah tercipta quick throttle atau gas spontan.

Dan seiring perkembanganya gas spontan ini tidak diaplikasikan hanya untuk motor cross saja, namun jenis motor balap drag, underbone bahkan motor yang digunakan harian pun sudah banyak yang memakai gas spontan.

Kelebihan serta kekurangan dari gas spontan sepeda motor

Gas spontan yang diaplikasikan pada sepeda motor tentu saja memiliki kelebihan serta kekurangannya. Kelebihan dari penggunaan gas spontan ini adalah kita bisa langsung memperoleh putaran mesin yang maksimal karena bukaan gas lebih dipercepat, sehingga kita bisa lansung menggenjot tenaga mesin secara maksimal hanya dengan sedikit memutar grip gas motor. Dengan pendeknya putaran grip maka tangan kita pun menjadi tidak terlalu pegal karena memelintir gas yang sangat dalam seperti halnya gas motor standar. Selain itu pemasangan gas spontan juga akan menambah tingkat keren sepeda motor kalian.

Kekurangan dari gas spontan ini bila diaplikasikan pada sepeda motor standar pabrik ( belum dioprek ) hanya akan membuat tingkat konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros yang dikarenakan pengaturan bukaan suplay bahan bakar dan juga udara yang masih standar, hal ini sama dengan ketika anda membetot grip motor standar secara penuh ketika melakukan start, bahan bakar banyak yang terbakar dan terbuang sia sia namun tidak menghasilkan tenaga yang diinginkan.

Berbeda dengan motor yang memiliki setelan balap atau motor standar yang sudah dioprek, tentu penggunaan gas spontan ini akan menambah performa mesin. Selain itu menggunakan gas spontan ini perlu pembiasaan, jika belum terbiasa menggunakan gas spontan pasti efeknya akan mempengaruhi riding anda, bahkan kita bisa tersentak jatuh atau terjungkal.

Nah itulah tadi sekilas tentang gas spontan sepeda motor, fungsi serta kelebihan dan kekurangan dari gas spontan. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung


0 Response to "Fungsi Gas Spontan Motor"

Posting Komentar