Awas Matikan Mesin Turbo Mendadak Bikin Rusak Mobil

Turbo diesel - salah satu tehnologi pada mobil bermesin diesel adalah tehnologi turbo dimana turbo ini berfungsi untuk mengolah kembali uap atau sisa bahan bakar yang belum terbakar secara sempurna dan mengembalikan lagi kedalam ruang bakar sehingga bahan bakar menjadi irit.

Selain itu dengan adanya tehnologi turbo ini membuat mesin diesel menjadi lebih bandel karena suplay oksigen akan diselaraskan dengan kebutuhan.

turbo
turbo diesel dan penampang dalamnya


Namun banyak sekali pengguna kendaraan yang tidak tahu menahu dengan tehnologi ini yang terdapat beberapa hal penting yang seharusnya diperhatikan. Salah satunya adalah dengan tidak mematikan mesin diesel turbo ini secara mendadak karena akibat mematikan turbo secara mendadak ini bisa menyebabkan kerusakan yang signifikan terhadap komponen turbo nya.

Pada sebuah komponen turbo, terdapat sebuah turbin pada kedua ujung ujungnya, diujung yang satu turbin akan diputar oleh hembusan gas buang sisal hasil pembakaran, kemudian turbin tersebut pada porosnya juga ikut memutar ujung lainnya yang terletak pada intake manipol sehingga asupan oksigen yang akan masuk kedalam mesin menjadi seimbang. Dan didalam sebuah mesin turbo ini pada komponen turbinnya dilumasi oleh oli pelumas.

Jika kita mematikan mesin turbo ini secara mendadak maka ketika turbin turbo terputar dengan kencangnya, ketika mesin ini mati maka suplay pelumas akan langsung terhenti sedangkan turbinnya tetap terputar. Jika hal ini dilakukan secara berulang ulang maka sudah dapat dipastikan turbin tersebut akan hancur atau jebol dan biaya penggantian komponen tersebut sangatlah mahal.

Nah oleh sebab itu anda pun harus mematikan mesin diesel tidak sembarangan. Tunggu 1 hingga 2 menit setelah mesin iddle atau langsam dan barulah mesin dapat dimatikan. Dan bila kalian tidak mau repot bisa memanfaatkan sebuah alat yang bernama turbo timer yang dipasang pada kendaraan bermesin diesel anda.

turbo timer
contoh penggunaan turbo timer


Baca juga : Cara mengecek apakah freon AC sudah habis

Semoga bermanfaat.

Sumber : http://automotivexist.blogspot.co.id/2015/09/inilah-alasan-jangan-matikan-mesin-turbo-mendadak.html


0 Response to "Awas Matikan Mesin Turbo Mendadak Bikin Rusak Mobil"

Posting Komentar