Fungsi Water Pump Cara Kerja Water Pump

Kegunaan water pump mesin mobil - didalam sistem pendinginan mesin kendaraan, terdapat banyak sekali komponen pendukung seperti radiator, thermostat, water coolant dan juga pompa air atau waterpump, nah pada edisi kali ini kita akan fokus membahas mengenai cara kerja dan fungsi atau manfaat water pump yang ada pada mesin mobil.

Water pump / pompa air

Didalam sebuah mesin kendaraan terdapat sebuah water pump atau pompa air, memiliki bentuk seperti kincir air dimana poros kincir ini tersambung ke pulley dan digerakkan oleh V belt sehingga putaran dari pompa air ini berbanding lurus dengan kecepatan putaran mesin.  Fungsi dari water pump ini tak lain adalah sebagai pemompa air pendingin agar dapat bersirkulasi sehingga memaksimalkan pendinginan mesin.

water pump mesin mobil

Dengan bersirkulasinya air pendingin didalam saluran pendingin / water jacket ini membuat kinerja sistem pendinginan menjadi maksimal sebab salah sat syarat agar mesin tidak gampang overheating adalah coolant atau pendingin harus bersirkulasi.

Pompa air ini juga didukung oleh komponen lain yaitu thermostat yang berfungsi sebagai keran otomatis yang menghubungkan antara saluran pendinginan mesin menuju kisi kisi radiator. Disaat air pendingin didalam mesin sudah mulai naik panasnya, maka otomatis thermostat ini akan terbuka, kemudian air panas ini akan dialirkan menuju ke kisi radiator, sedangkan air yang sudah dingin didalam radiator akan di hisap dan dimasukkan kedalam ruang mesin untuk proses pendinginan kembali.

Kerusakan water pump

Komponen pompa air ini jika sampai rusak tentu saja akan membahayakan mesin mobil, sebab dengan tidak maksimalnya sirkulasi air membuat mesin menjadi overheating. Beberapa kerusakan umum yang terjadi pada water pump adalah komponen kincir air berkarat akibat menggunakan air radiator sembarangan, kemudian bearing water pump menjadi aus akibat terlalu seringnya mobil di pacu dengan keepatan tinggi sehingga timbul bunyi berisik. Dan kerusakan lainnya adalah adanya kebocoran pada water pump yang diakibatkan karena faktor usia, atau kesalahan dalam perakitan kembali pasca mesin dibongkar.

Nah oleh sebab itu sebaiknya anda rutin mengecek kondisi water pump mobil dengan cara melihat secara visual apakah ada rembesan air, atau dengarkan sewaktu mesin dinyalakan, apakah terdengar bunyi mencicit di area pompa air ataukah tidak. Bila terlihat adanya indikasi kerusakan sebaiknya lekas diperbaiki jika bisa, atau diganti dengan yang baru bila tidak memungkinkan untuk di perbaiki. Semoga bermanfaat.

Sumber referensi : https://automotivexist.blogspot.com/2016/12/fungsi-water-pump-mesin-mobil.html



0 Response to "Fungsi Water Pump Cara Kerja Water Pump"

Posting Komentar