Cara Bersihkan Kutub Aki Berkerak

Kutub aki berjamur - salah satu komponen yang memiliki fungsi sangat vital salah satunya adalah AKI sebagai pemasok energi sementara guna menghidupkan starter motor yang kemudian akan menyalakan mesin dan pembangkit listrik ( alternator ) pada mobil.

Karena fungsi dari aki ini sangat penting sekali maka perhatian yang harus kita berikan terhadap aki ini juga harus ekstra. Salah satu masalah pada aki yang sering terjadi adalah timbulnya jamur atau kerak seperti gambar dibawah ini.

aki jamuran


Penyebab timbulnya kerak berwarna kebiru biruan ini salah satunya karena terlalu tingginya level cairan aki ketika kita melakukan penambahan. Sehingga kutub aki pun akan mengalami pengapuran. Selain itu suhu lembab pun juga dapat memicu tumbuhnya jamur yang bila dibiarkan tentu saja akan merusak aki mobil.

Untuk membersihkan jamur dan kerak pada terminal aki caranya cukup mudah, cukup menggunakan air panas mendidih dan juga sikat gigi anda pun sudah bisa menghilangkan kerak tersebut secara total. Caranya adalah siramkan air panas pada kutub kutub baterai AKI yang terserang jamur, kemudian silahkan langsung gosok gosok dengan menggunakan sikat gigi ataupun sikat lain sejenis hingga kerak tadi rontok. Selanjutnya silahkan dibilas dengan menggunakan air panas lagi. Keringkan dan lumasi dengan menggunakan grease agar kerak dan jamur tidak lagi hinggap pada terminal AKI.

Baca juga : Jangan pernah matikan mesin turbo mendadak agar tidak seperti ini

Nah bagaimana sangat mudah sekali bukan untuk membersihkan ujung terminal AKI yang berjamur. Semoga bermanfaat dan silahkan dibagikan.


1 Response to "Cara Bersihkan Kutub Aki Berkerak"